APAKAH KAMU SEDANG MENGALAMI BEBERAPA HAL-HAL BERIKUT :
MENGAPA HAL DI ATAS BISA TERJADI KEPADA BISNISMU?
Siapapun kamu pasti bisa menulis informasi mengenai bisnismu. Namun, tidak semua informasi bisa disampaikan begitu saja. Tim penulis JUANGIN.ID berpengalaman dalam mengolah kata-kata dan menjadikannya sebagai sebuah informasi disampaikan secara tepat sesuai target konsumen dari bisnis kamu.
Setiap pelanggan memiliki karakteristik yang unik. Mereka tumbuh dalam lingkungan yang berbeda, serta memiliki latar belakang pendidikan yang tidak sama sehingga dibutuhkan bahasa yang sesuai untuk menyampaikan informasi dengan tepat kepada mereka.
Penyampaian informasi menggunakan cara yang keliru dapat membuat kamu kehilangan potensi penjualan dari calon konsumen. Kekeliruan ini sering terjadi karena ketidak mengertian dari audiensmu terhadap bahasa maupun istilah yang digunakan dalam tulisanmu.
Kesalahan yang sering terjadi ialah banyak pelaku usaha ingin menggunakan bahasa Inggris dalam menginformasikan bisnisnya, namun target konsumen yang dituju ialah masyarakat menengah yang kurang memahami bahasa Inggris. Sehingga sebagus apapun tulisan yang kamu buat, audiensmu tidak mengerti dan mengabaikan iklanmu begitu saja.
Selain bahasa penggunaan istilah yang tidak umum tanpa disertai penjelasannya akan mempersulit konsumenmu dalam memahami iklanmu. Tidak semua kosa kata kekinian dapat kamu gunakan untuk penyampaian informasi bisnismu. Pilihlah kata serta istilah yang sesuai dengan segmentasi bisnismu.
Slogan dan kalimat iklan biasa dikenal dengan istilah Copywriting dan pembuatnya disebut Copywriter atau Salesman kata-kata. Copywriter memiliki tugas yang sama seperti seorang salesman pada umumnya, yaitu memasarkan produk melalui kata-kata.
Sebuah copywriting dibuat dengan tujuan untuk mengajak orang untuk melakukan pembelian produk dan layanan dari sebuah bisnis. Seorang copywriter akan menganalisa audiens untuk menemukan bahasa serta penggunaan istilah yang menyesuaikan latar belakang mereka.
Kamu pasti sering mendengar slogan, “Pasti ada jalan” pada iklan Gojek. Kalimat itu tidak serta merta diciptakan begitu saja. Gojek yang bergerak di bidang transportasi umum serta memiliki target pelanggan yang cukup luas (baik secara usia maupun tingkat ekonomi). Gojek ingin menyampaikan bahwa apapun yang menjadi tujuan dan keinginan dari para konsumen Gojek, perusahaan mereka mampu memberikan jalan keluar. Slogan itu dibuat dengan melakukan pengamatan terhadap target kebiasaan, keinginan bahkan karakteristik dari pelanggan mereka.
Dengan copywriting yang sederhana dan mudah dipahami ini, membuat konsumen Gojek semakin loyal karena mereka menganggap bahwa Gojek mampu memberikan solusi untuk semua kebutuhan mereka. Loyalitas ini membuat para konsumen menggunakan layanan Gojek secara berulang bahkan merekomendasikan kerabat mereka untuk menggunakan Gojek.
Kesimpulan dari topik sebelumnya, yaitu bahwa copywriting mampu memberikan manfaat untuk bisnismu, seperti :
Pada kisah Gojek di atas, sebuah copywriting yang tepat mampu membuat para konsumen melihat Gojek sebagai solusi transportasi mereka. Sehingga ketika mereka mengalami permsalahan seputar transportasi, maka para konsumen tersebut akan mengingat Gojek dan semua layanannya.
Sebuah copywriting yang baik membuat audiensnya mudah memahami maksud dari tulisan tersebut. Sehingga konsumen tidak perlu lagi membuang waktu untuk mengerti tujuan bahasa pemasaran yang kamu gunakan.
Ketika nama baik merek bisnismu dikenal oleh konsumenmu dan saat informasi yang kamu berikan tersampaikan dengan baik kepada konsumenmu, maka kepercayaan mereka terhadap bisnismu akan bertambah. Rasa percaya ini akan membuat calon konsumenmu cepat atau lambat akan membeli produk maupun layanan yang kamu sediakan.
Di saat yang sama, ketika kamu telah membuat konsumenmu percaya kepada merek bisnismu, maka mereka akan menjadi konsumenmu yang setia dan tidak mudah terpengaruh dengan apapun yang ditawarkan oleh kompetitormu.
Semua keuntungan di atas akan kamu dapatkan ketika kamu dapat membuat Copywriting yang baik, berikut tandanya :
Dalam bisnis ada begitu banyak produk Copywriting yang bisa digunakan, namun tidak semuanya cocok untuk bisnismu, berikut kami berikan beberapa contoh produk Copywriting yang bisa kamu terapkan untuk bisnismu
1. COPYWRITING PEMASARAN.
Karya tulis ini paling sering kita jumpai. Tujuan copywriting ini ialah memasarkan sebuah produk maupun jasa.
Adapun yang termasuk produk Copywriting Marketing ialah :
2. COPYWRITING MEDIA SOSIAL. Media sosial menjadi media dimana kamu bisa berkomunikasi dan mengedukasi target pelangganmu mengenai merek bisnismu. Untuk itulah kamu membutuhkan copywriting yang menarik.
Adapun yang termasuk produk Copywriting Media Sosial ialah :
3. COPYWRITING MEREK. Pada karya tulis ini lebih berfokus untuk mengkomunikasikan merek bisnismu untuk mendapatkan pengakuan serta pertimbangan citra yang spesifik. Sehingga pelangganmu lebih mudah mengingatmu.
Adapun yang termasuk produk Copywriting Media Sosial ialah :
4. TANGGAPAN LANGSUNG. Untuk meresponi setiap keluhan, pertanyaan maupun saran diperlukan copywriting yang tepat sehingga kita bisa memberikan jawaban yang membantu permasalahn mereka.
Adapun yang termasuk produk Copywriting Media Sosial ialah
5. COPYWRITING BERSIFAT TEKNIS. Merupakan kumpulan tulisan yang menjelaskan mengenai produk maupun teknologi yang kamu tawarkan.
Adapun yang termasuk produk Copywriting Media Sosial ialah :
6. SEO COPYWRITING. Yaitu copywriting yang disesuaikan menurut khaidah mesin pencarian seperti Google, Yahoo, Bing dll. Dengan tujuan supaya artikel kamu masuk dalam peringkat pertama dan halaman pertama pada mesin pencarian.
Jangan menunggu sampai konsumenmu pindah ke kompetitor, sekaranglah saat yang tepat untuk menaikkan level bisnismu dan pikat para calon konsumen baru.
Spesial untuk kamu, tim JUANGIN.ID sediakan penawaran harga terbaik. Pesan sekarang!
Copyright © 2022 JUANGIN.ID. All rights reserved.
Platform marketplace konten pertama di Indonesia yang menyediakan berbagai macam produk. #perJUANGINsuksesmu
Copyright © 2022 JUANGIN.ID. All rights reserved.